5 December 2010

LAPORAN BOTANI FARMASI - FOTOSINTESIS

FOTOSINTESIS

I.       Tujuan
  Untuk menguji adanya pati sebagai hasil dari fotosintesis.

II.     Alat :
- Beaker gelas 100 ml
- Beaker gelas 1000 ml
- Petridish
- Alat pemanas
- Wadah perebus
- Pinset
- Pipet tetes
- Kertas karbon / kertas aluminium

III.   Bahan :
- Daun (gamal, ketela pohon, dll)
-                      Alkohol 95%
- Larutan Yodium (J-Kj)
- Air
 
IV.   Cara Kerja
Dipersiapkan bahan yaitu daun gamal yang sebelumnya diberi perlakuan yang berbeda selama 24 jam yaitu daun gamal yang dibiarkan terbuka/tidak tertutup kertas aluminium (terkena sinar matahari) dan daun gamal yang ditutup dengan kertas aluminium (bila tidak ada dapat diganti dengan kertas karbon) agar tidak terkena sinar matahari. Hal tersebut dilakukan pada pagi hari, sehari sebelum percobaan. 
Petik daun-daun yang ditutup tersebut (yang tidak terkena sinar matahari) dan daun-daun yang terbuka (terkena sinar matahari). Rebus dua sampel daun yang ditutup dan tidak ditutup secara terpisah. Daun diangkat ketika mendidih (untuk membunuh kuman-kuman yang ada di daun tersebut).
Daun ditiriskan dan dimasukkan ke dalam gelas ukur kecil yang sudah diberi alkohol. Pencelupan ke dalam alkohol bertujuan untuk melarutkan klorofil sehingga daun berwarna pucat.
Gelas ukur kecil tersebut dimasukkan ke dalam gelas ukur besar yang sudah dipanaskan. Tunggu sampai warna alkohol menjadi hijau tua dan warna daun menjadi hijau muda sampai pucat.
Daun yang telah pucat tersebut diambil, lalu dicuci dengan air . Kedua kelompok daun tersebut diletakkan dalam petridish secara terpisah, kemudian masing-masing daun ditetesi dengan larutan yodium (J-Kj).
Amati perubahan warna yang terjadi pada daun-daun tersebut.

    
V.     Hasil
Setelah dilakukan pengamatan pada percobaan tersebut, berikut hasil yang akan ditampilkan dalam tabel dibawah ini
No
Perlakuan
Setelah direbus dengan alkohol 95%
Setelah ditetesi dengan larutan yodium (J-Kj)
1
Daun gamal yang terbuka (terkena sinar matahari)
Daun gamal dari berwarna hijau berubah menjadi berwarna pucat/putih
Terjadi perubahan warna dari pucat/putih menjadi berwarna biru tua kehitaman/hitam
2
Daun gamal yang tertutup kertas aluminium (tidak terkena sinar matahari)
Daun gamal dari berwarna hijau berubah menjadi berwarna pucat/putih
Tidak terjadi perubahan, tetap berwarna pucat/putih 
:

VI.   Pembahasan
           Dari percobaan yang telah dilakukan didapatkan hasil yaitu daun gamal yang mendapat perlakuan terbuka/ terkena sinar matahari terjadi perubahan warna dari putih/pucat menjadi biru tua kehitaman/hitam setelah ditetesi dengan larutan yodium. Sedangkan daun gamal yang mendapat perlakuan ditutup dengan kertas aluminium (tidak terkena sinar matahari) tidak terjadi perubahan, daun gamal tersebut tetap berwarna putih/pucat setelah ditetesi larutan yodium.
Warna biru kehitaman menandakan bahwa di daun tersebut terdapat amilum¹. Pernyataan tersebut menandakan bahwa pada daun gmal yang terbuka/terkena sinar matahari terdapat amilum/pati. Sedangkan daun gamal yang tertutup kertas aluminium tidak terdapat amilum.
Hal tersebut terjadi karena pada daun gamal yang terbuka/terkena sinar matahari, melakukan fotosintesis. Sedangkan pada daun gamal yang tertutup kertas aluminium tidak dapat melakukan fotosintesis.
 Fotosintesis merupakan proses pemanfaatan energi matahari yang dilakukan oleh tumbuhan hijau untuk mengubah bahan kimia anorganik menjadi bahan makanan. Cahaya matahari yang digunakan dalam Proses fotosintesis adalah spektrum cahaya tampak, dari ungu sampai merah².
Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa daun gamal yang mendapat sinar/cahaya matahari lah yang mampu melakukan fotosintesis. Walaupun daun gamal yang tertutup kertas aluminium mempunyai klorofil sama seperti daun gamal yang terbuka, ia tetap tidak dapat melakukan fotosintesis karena tidak adanya sinar/cahaya matahari yang merupakan komponen penting untuk melakukan fotosintesis. Oleh karena itu semua komponen yang diperlukan dalam melakukan fotosintesis harus tersedia agar dapat melakukan fotosintesis. Sehingga bila 1 saja bahan/komponen yang dibutuhkan tidak tersedia, maka peristiwa fotosintesis tersebut tidak dapat berlangsung, seperti yang terjadi pada daun gamal yang tertutup kertas aluminium.
Berikut reaksi fotosintesis selengkapnya :
                                      cahaya
                                  6CO2 + 6H2O                         C6H12O6 + 6O2
                                                            Klorofil
Gustav Julius von Sachs (1832 - 1897) membuktikan/menunjukkan bahwa pati diproduksi di kloroplas sebagai akibat dari kegiatan fotosintesis³.  
VII. Kesimpulan
Fotosintesis merupakan reaksi penyusunan gula/pati dari karbon dioksida dan air, dengan pertolongan cahaya dan kerjasama dengan klorofil pada daun tersebut. Adanya gula/pati sebagai hasil fotosintesis dapat diuji dengan larutan yodium dengan indikator adanya warna biru kehitamman pada daun yang telah dihilangkan klorofilnya terlebih dahulu.       




























DAFTAR PUSTAKA

¹ Syamsuri, Istamar, dkk. 2004. Biologi Untuk SMA Kelas XII. Erlangga: Jakarta.

² Anonim. 2004. Ilmu Pengetahuan Alam VIII. Http://ganeca-exact.com/dld/Kunci   Kuker/SMP/Biologi/2004/biologi12.pdf [15 Desember 2009]


³ Sengbusch, Peter. 2004. Photosynthesis. Http://www.google.co.id/url?sa=t& source =web&ct=res&cd=7&ved=0CBQQFjAG&url=http%3A%2F%2Fwww.pdfqueen.com%2Fpdf%2Fuj%2Fuji-amilum%2F8%2F&rct=j&q=fotosintesis+ sachs.pdf&ei=0UqnS5qSN8GIkAWL-J2ADQ&usg=AFQjCNFrkfEjwOBiN 8YUDVj5n5D4-0yr4A      [15 Desember 2009]

0 comments:

Post a Comment